Daun-daun Yang Dapat Dijadikan Obat Bagi Kesehatan

Obat herbal adalah adalah salah satu obat alternatif apabila obat medis kurang memberikan hasil yang lebih baik. Beberapa orang telah percaya bahwa obat herbal merupakan obat yang paling efektif daripada obat medis.

Salah satu banyak yang dijadikan obat herbal adalah dedaunan. Daun merupakan bagian dari tumbuhan yang berfungsi ibaratkan dapur. Disanalah tumbuhan mengolah makanannya dengan bantuan zat hijau, air dan juga sinar matahari. Bagaimanapun juga kesehatan adalah sesuatu yang harus diupayakan baik melalui pengobatan medis ataupun dari pengobatan alternatif.

Berikut di bawah ini beberapa daun yang di percaya sebagai bahan untuk mengobati secara alami:

  1. Daun sirih
    daun-sirih
    Daun sirih merupakan jenis daun yang tumbuh secara merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Dahulu kala nenek atau kakek kita sering mengunyah daun sirih secara bersamaan dengan gambir, pindang dan kapur. Karena dipercaya bahwa daun sirih dapat membuat gigi jadi utuh dan kuat, juga dapat mengharumkan aroma di didalam mulut. Selain itu juga daun sirih dapat dijadikan obat untuk diare, dengan cara menempelkan daun sirih pada perut.
  2. Daun salam
    daun-salam
    Salam merupakan daun penghasil daun rempah yang biasanya digunakan dalam masakan di Indonesia. Dan ternyata daun salam ini memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Diantaranya adalah untuk mengobati asam urat, kolesterol, hipertensi dan masih banyak lagi.
  3. Daun Sirsak
    daun-sirsak
    Kita hanya mengenal dari buah nya saja, dan hanya dapat dinikmati. Tapi ternyata daun sirsaknya juga dapat dimanfaatkan sebagai penyembuh penyakit. Daun sirsak ini dapat mencegah penyakit seperti, penyakit asam urat, diabetes, hipertensi, wasir, rematik serta sakit pinggang juga dapat di obati dengan daun sirsak.
  4. Daun Pepaya
    daun-pepaya
    Pepaya memiliki buah yang sangat berguna baik dimakan saat matang maupun mentah. Selain itu juga daun pepaya menawarkan nilai obat. Daun pepaya muda dijadikan sayuran di beberapa masakan khas Indonesia. Untuk kesehatan tubuh, daun pepaya ini dapat mengatasi penyakit seperti kanker, malaria, nyeri haid, masalah pencernaan dan masih banyak lagi.