menjaga kesehatan jantung

Cara Tepat Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung adalah organ pokok yang sangat berperan aktif dalam menyehatkan organ tubuh yang lainnya, sehingga menjaga kesehatan jantung adalah sumber pokok untuk memmiliki kesehatan tubuh secara maksimal. Berbagai penyebab yang berakibat pada kesehatan jantung sering tidak dihiraukan bahkan selalu dianggap sepele, padahal ketika hal tersebut atau kebiasaan buruk tersebut dilakukan secara terus menerus dalam jangka waktu yang sangat lama, sangatlah berakibat pada kesehatan jantung.

Misalkan seseorang memiliki kebiasaan merokok, mengkonsumsi makanan yang megandung lemak jahat, tidur tidak teratur, berat badan tidak normal (Obesitas ) dan lain sebagainya, dimana kebiasaan tersebut sangatlah menjadi faktor utama yang menjadikan kesehatan jantung menjadi terganggu, apalagi kebiasaan tersebut berlanjut dalam tempo waktu yang cukup lama.

Untuk dapat memiliki jantung yang sehat, minimal anda berhenti melakukan kebiasaan buruk yang berakibat pada kesehatan jantung atau juga lakukan cara berikut ini sebagai dasar pola hidup yang sehat dalam menjaga kesehatan jantung.

  1. Rajinlah menggerakan badan
    Cara pertama memang sangatlah sepele bahkan sering dipandang sebelah mata, padahal ketika badan atau tubuh digerakan secara rutin, efek positifnya yaitu dapat meningkatakan fungsi jantung secara maksimal. Atau juga dengan menggerakan badan melalui program olahraga yang rutin minimal 1 minggu sekali, bisa menjadi perilaku sehat dalam menjaga peran dan fungsi jantung itu sendiri.
  2. Hindari merokok
    Cara kedua ini memang bagi para pencandu rokok sangatlah sulit dilakukan, padahal mereka sudah tahu ketika merokok disitulah jantung terganggu kesehatannya. Bagi anda yang sayang pada jantung, sebaiknya berhenti merokok dengan segera, minimal mengurangi dulu untuk tidak terlalu sering merokok.
  3. Mengkonsumsi makanan yang sehat
    Cara ketiga ini memang sudah menjadi kebiasaan sehari – hari, bedanya hanya pada kadar atau kandungan pada makanan yang dikonsumsi saja. Ketika anda mengkonsumsi makanan yang jauh dari kandungan bergizi yang dibutuhkan tubuh, maka akibatnya jantung akan terganggu kesehatannya. Sebaiknya anda mengkonsumsi makanan seperti sayur – sayuran, buah – buahan, kacng – kacanagan dan lain-lain sertakan juga program diet pada pola makan anda.