Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Sebuah Smartphone

Ponsel pintar atau smartphone adalah salah satu gadget canggih yang memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan semua orang pada saat ini. Selain memiliki fungsi sebagai alat komunikasi yang mampu menghubungkan kita dengan orang-orang yang berada di tempat yang jauh kapanpun dan dimanapun kita berada Ponsel pintar atau smartphone juga mampu menjadi sebuah alat yang mampu menjalankan berbagai macam gadget sekaligus.

Salah satu contohnya adalah Ponsel pintar mampu memiliki fungsi sebagai kamera yang mampu memberikan berbagai macam peristiwa penting yang kita alami. Selain memiliki fungsi sebagai kamera smartphone juga bisa menjadi media hiburan yang bisa mengisi kekosongan dan waktu luang kita dengan beberapa macam fitur seperti pemutar video maupun memutar musik hingga beberapa aplikasi game yang bisa dimainkan.

Dengan fungsi yang sangat banyak dan cukup beragam disebut, smartphone atau Ponsel pintar menjadi sebuah gadget yang harus dimiliki oleh semua orang pada saat ini. Akan tetapi seiring dengan semakin banyaknya Ponsel pintar yang ada di pasaran, seseorang yang akan memilih dan membeli Ponsel pintar tersebut juga harus lebih pintar untuk memilih smartphone dengan kualitas terbaik. Ada beberapa macam faktor yang mempengaruhi kinerja dari sebuah smartphone atau Ponsel pintar salah satunya adalah ukuran RAM yang dimiliki oleh smartphone tersebut.

RAM atau Random Access memory menjadi salah satu perangkat keras yang saat ini telah hadir didalam sebuah gadget smartphone. Kehadiran dan tersebut akan menjadikan sebuah smartphone menyerupai sebuah komputer yang mampu menjalankan beberapa macam aplikasi sekaligus serta mampu menginstal berbagai macam aplikasi canggih dan modern. Dengan ukuran RAM yang besar maka aplikasi yang mampu dijalankan akan lebih banyak dan lebih beragam serta dengan fungsi multitasking yang lebih baik.

Prosesor yang ada di dalam sebuah smartphone juga akan mempengaruhi kinerja dari smartphone tersebut. Pada saat ini smartphone yang paling canggih memiliki prosesor dengan Empat Inti atau lebih sehingga lebih mudah untuk menjalankan berbagai macam aplikasi tanpa adanya kendala sama sekali. Baterai atau daya dari sebuah smartphone juga akan mempengaruhi kinerja dari smartphone tersebut karena Ponsel pintar dengan ukuran baterai yang kecil akan cukup merepotkan karena mengharuskan pemilik nya untuk selalu mengisi daya dari Ponsel pintar tersebut.