tips memilih smartphone

3 Tips Memilih Smartphone Tingkat Dasar

Hadirnya smartphone di setiap lapisan masyarakat membuat aktivitas yang dilakukan semakin terbantu dan juga lancar. Agar mampu memberikan peran yang maksimal, memilih smartphone haruslah lebih teliti dalam mempertimbangkan beberapa hal. Seperti halnya kapasitas RAM, ROM, Megapiksel kamera, Daya baterai dan lain-lain. Lantas apa yang harus dilakukan?

Cobalah dengan memperhatikan beberapa tips memilih smartphone berikut ini:

1. Pilih Jumlah RAM yang Tepat

Ukuran RAM yang tepat akan memperlancar pada saat pemrosesan data dalam smartphone, sehingga tidak akan terjadi loading dan sejenisnya. Pilih ukuran RAM minimal 1GB, kenapa harus RAM 1GB?

RAM 1GB lebih mampu menyelesaikan masalah pengoperasian sistem dalam smartphone, sehingga tidak akan terjadi hambatan apapun dalam menyimpan beberapa aplikasi. Kemidan smartphone dengan RAM 1GB juga harganya pun lumayan terjangkau.

Jika dirasa ukuran RAM 1GB masih kurang, coba naik sedikit dengan ukuran RAM 2GB. Kenapa harus RAM 2GB?

RAM 2GB sangat leluasa dalam menyimpan beberapa aplikasi. Sehingga pengoperasian data dan yang lainnya pun akan jauh lebih leluasa dan semakin lancar. Bahkan pihak produsen game sekalipun menganjurkan agar smartphone yang Anda pilih memiliki ukuran 2GB agra sistem pengoperasian datanya lebih baik.

2. Pilih kapasitas ROM atau ruang penyimpanan lebih dari 4GB

Saran tersebut sesuai dengan keluhan yang dirasakan konsumen, ternyata ROM 4GB sering terjadi beberapa hambatan, seperti aplikasi tidak lagi leluasa. Jika Anda sering menyimpan beberapa aplikasi dalam smartphone dengan ukuran ROM lebih rendah dari 4GB, maka sistem pengoperasian data akan lambat dan aplikasi yang dijalankannya pun tidak bisa leluasa.

Solusinya yaitu pilih smartphone yang punya ruang simpan 8GB. Dengan ukuran ROM 8GB, semua aplikasi yang Anda pasang akan dapat dijalankan dengan lebih leluasa. Selain itu, proses update aplikasi yang terpasang akan bisa dijalankan dengan baik, apalagi secara umum versi pada aplikasi yang baru selalu memiliki ukuran lebih besar dari sebelumnya.

3. Perhatikan spesifikasi dan fitur kamera

Perkembangan teknologi smartphone tidak hanya sebagai alat komunikasi jarak jauh saja, tetapi smartphone juga semakin identik dengan kamera digital dengan ukuran megapiksel yang berbeda. Beberapa fitur pada kamera di smartphone menjadi satu hal yang penting, karena bisa membuatnya dinilai sebagai smartphone tercanggih.

Pilihlah smartphone dengan spesifikasi dan fitur kamera yang bagus, seperti punya  fokus yang cepat, mampu menangani cahaya latar (backlight), terdapat fitur modus malam, tidak mengubah warna kulit, megapiksel yang besar dan lain sebagainya.

Itulah beberapa tips memilih smartphone tingkat dasar. Mungkin bagi Anda yang yang masih awam tentang smartphone, ulasan ini bisa menjadi rujukan yang bermanfaat.