desain kamar tidur
desain kamar tidur

Kamar tidur merupakan salah satu ruangan yang sangat penting sekali buat Anda semuanya. Salah satu fungsi utamanya adalah sebagai tempat untuk beristirahat. Sudah barang tentu menuntut bentuk desain kamar tidur senyaman mungkin bagi pemiliknya adalah kewajiban. Pastinya, Anda menginginkan penataan ruang tidur ikea yang sesuai dengan selera dan karakter Anda.

Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat akan mendesain kamar tidur, contohnya adalah sebagai berikut.

desain kamar tidur
desain kamar tidur

  • Kamar Tidur Sebagai Ruang Istirahat dan Juga Aktivitas Tambahan

Bukan hanya menjadi tempat beristirahat setelah beraktivitas di luar rumah, sebagian orang juga menjadikan kamar tidur sebagai tempat untuk beragam aktivitas lainnya. Tak heran jika ada beberapa yang sengaja menggabungkan kamar tidur dengan aktivitas hobi atau bahkan tempat untuk bekerja. Selain selera, mengetahui fungsi tambahan yang Anda butuhkan adalah salah satu langkah pertama yang diperlukan dalam menentukan desain kamar tidur.

  • Untuk Siapa Kamar Tidur ditujukan

Berdasarkan fungsi dan siapa penghuninya, kamar tidur tidak hanya memiliki satu tujuan dan mempunyai beberapa perbedaan. Misalnya, kamar untuk tamu yang tentu saja berbeda untuk kamar pemilik rumah. Jenis kamar tidur terbagi menjadi tiga, yaitu kamar tidur utama, kamar tidur anak, dan kamar tidur tamu. Ketiga desain kamar tidur ikea ini tentu memiliki perbedaan baik secara luas, fungsi, maupun desain kamar tidur yang sesuai dengan penghuni kamar tersebut.

  • Luas Ruang Kamar Tidur

Ukuran kamar tidur sangat bervariasi, mulai dari 2×3, 3×3, 3×4, atau bahkan lebih besar. Umumnya, ukuran kamar tidur yang paling sering digunakan adalah 3×3 dan 3×4. Ukuran tersebut dapat mengakomodasi kebutuhan dasar sebuah kamar tidur mulai dari tempat tidur, nakas, lemari pakaian, dan meja rias.

Namun, terkadang luas ruang kamar tidur bisa menjadi salah satu tantangan dalam menentukan furniture desain kamar tidur bagian interior. Ketahui apa yang diberikan oleh luas ruangan dan seperti apa cara untuk menatanya. Misalnya, pada kamar tidur sempit (ukuran <9m2), Anda dapat menyiasatinya dengan pemilihan warna terang untuk dinding, penggunaan dekorasi ruangan sesuai kebutuhan, dan pemilihan furniture ikea yang efisien dan fungsional