Sakit saat menstruasi

Batas Normal Sakit Saat Menstruasi

Menstruasi merupakan siklus bulanan yang akan dialami seorang wanita, sakit saat Menstruasi harusnya adalah hal yang normal dirasakan.  Biasanya sakit ini disebut sindrom prahaid (PMS), yang disebabkan oleh kontraksi di dalam rahim atau kandungan yang dipicu hormon prostaglandin yang kadarnya meningkat tepat sebelum menstruasi dimulai.  Rasa sakit yang normal adalah ditandai dengan nyeri punggung bawah, paha bagian dalam terasa seperti ditarik, mual, pusing dan sakit kepala. Rasa sakit ini tidak akan bertahan lama, hanya sementara saja.

Namun,  jika rasa sakit yang dirasakan semakin parah dan terus berlanjut maka sebaiknya kita harus waspada. Segera periksa ke dokter,  karena bisa saja itu awal dari sebuah penyakit. Jadi perhatikan batas normal sakit saat menstruasi tersebut, agar kita bisa langsung melakukan tindakan. Jika hanya sakit menstruasi biasa saja,  kita bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri haid, carilah obat pereda nyeri yang aman dan cocok dengan kondisi tubuh kita.

Image result for haid tidak teratur femometer

Jangan anggap enteng sakit saat menstruasi karena kita harus selalu waspada. Perhatikan rasa sakitnya, jika setelah minum obat pereda nyeri kita masih merasakan sakit,  kita harus segera cek. Memilih obat pereda rasa sakit pun jangan sembarangan, harus yang benar-benar aman dan teruji khasiat. Demi kesehatan dan keselamatan diri, seorang wanita harus pandai mengenali tubuhnya dan mengenali rasa sakit pada tubuhnya. Sakit saat menstruasi memang hal biasa, jika kita menerapkan cara hidup sehat dan baik maka semuanya akan baik-baik saja.

Jangan malu untuk bertanya dan konsultasi kepada dokter atau orang yang lebih berpengalaman demi kebaikan diri kita sendiri. Menikmati kodrat sebagai seorang wanita dengan nyaman dan tenang adalah hal yang sangat berharga. Jadi sudah saatnya kita lebih memperhatikan kesehatan terutama pada organ reproduksi yang merupakan aset masa depan kita. Tidak ada lagi rasa sakit saat menstruasi yang parah jika kita peduli terhadap kesehatan.  Semangat menjalani hidup sehat demi masa depan yang baik.