kecerdasan anak
kecerdasan anak

Sejatinya setiap anak tidak ada yang terlahir bodoh. Setiap anak pasti memiliki kecerdasan masing-masing. Ada banyak sekali jenis-jenis dan tipe kecerdasan anak ini. Ada kecerdasan intelektual, emosional, sensorik motorik, bahasa, dan masih banyak lagi.

Kecerdasan pada anak  ini bisa saja dipengaruhi oleh faktor genetik maupun faktor eksternal, seperti lingkungan, pola asuh, dan nutrisi. Untuk lebih jelasnya, simak terus ulasan selanjutnya, ya.

kecerdasan anak
kecerdasan anak
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kecerdasan Anak

Faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan si kecil ini sangatlah banyak. Ada faktor dari internal dan juga ada faktor-faktor eksternal. Penjelasan masing-masing faktor dapat kamu lihat di bawah ini.

Faktor genetik

Pada faktor genetik ini, kecerdasan buah hati sudah dimiliki sejak lahir. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa 2/3 kecerdasan pada anak akan menurun dari ibunya. Ibu-ibu yang cerdas kemungkinan akan memiliki anak-anak yang cerdas juga.

Pola asuh

Faktor selanjutnya yang dapat mempengaruhi kecerdasan si kecil yaitu pola asuh. Pola asuh yang salah akan mengakibatkan sel-sel pada otak anak akan rontok. Akibatnya, anak hasil pola asuh yang salah cenderung memiliki kecerdasan di bawah anak-anak yang diasuh secara benar.

Stimulasi

Untuk meningkatkan kecerdasan pada anak, pemberian stimulus juga sangatlah penting. Anda dapat melatih anak dengan memberi stimulasi melalui permainan-permainan yang mengedukasi. Dengan begitu, kecerdasan emosional, sensorik motorik, atau bahkan kecerdasan spasial anak akan terus berkembang.

Nutrisi

Ternyata pemberian nutrisi juga sangat berperan dalam meningkatkan kecerdasan si kecil, lho. Adapun nutrisi-nutrisi yang diperlukan anak untuk merangsang kecerdasannya yaitu protein, asam linoleat dan linolenat, kolin, DHA, sphingomyelin, serta phospholipids. Nutrisi tersebut dapat Anda temui secara kompleks di susu Nutrition. 

Memiliki anak yang cerdas tentunya sangat membanggakan bukan? Nah, untuk memiliki anak-anak dengan kecerdasaan interpersonal, intelektual maupun emosional, Anda tentu harus berupaya keras. Anda harus selalu memberikan stimulus dan pola asuh yang baik serta nutrisi yang lengkap.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan anak. Namun, tetap ingat bahwa sejatinya setiap anak cerdas sesuai porsinya masing-masing. Jadi, jangan paksa anak untuk memiliki macam-macam kecerdasan, ya.