makanan sehat untuk ibu hamil

7 Buah yang Baik untuk Ibu Hamil

Kehamilan adalah masa yang paling ditunggu oleh setiap pasangan terutama seorang wanita yang berstatus sebagai istri. Dan masa ini dimana seorang ibu membutuhkan makanan sehat untuk ibu hamil yang mengandung vitamin dan nutrisi.
Dan selama kehamilan sangat penting untuk memperhatikan asupan makanan dan minuman yang tepat. Salah satu jenis makanan sehat untuk ibu hamil adalah buah-buahan. Tidak semua buah tepat dimakan bagi ibu hamil. Berikut adalah buah yang baik untuk ibu hamil dan janinnya
1. Pisang
Mengandung banyak potassium yang membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit pada ibu hamil. Selain itu memakan pisang dapat meringankan kram dan kelelahan.
2. Alpukat
Alpukat memiliki kandungan asam folat. Sedangkan asam folat adalah zat yang dibutuhkan ibu hamil pada awal kehamilannya. Karena asam folat berperan membantu perkembangan otak dan tulang belakang janin.3. Jeruk
Bagi ibu hamil yang mengalami morning sickness, konsumsi jeruk akan membantu mengurangi keluhan tersebut. Pasalnya jeruk bisa mengurangi mual dan masalah kesehatan lainnya selama kehamilan.
4. Apel
Buah ini sangat cocok dimakan oleh ibu hamil karena sarat vitamin dan anti oksidan. Selain mengandung banyak vitamin, memakan buah ini juga bisa mengontrol berat badan ibu hamil.
5. Pir
Buah ini sangat cocok dimakan oleh ibu hamil, karena banyak mengandung folat. Selain folat, pir memiliki serat yang bagus. Serat sangat dibutuhkan oleh ibu selama kehamilannya. Meningkatkan asupan serat juga membantu mengurangi kembung selama kehamilan.
6. Semangka
Sama seperti jeruk, semangka memiliki banyak kandungan air. Karena kebutuhan cairan selama kehamilan meningkat, maka agar tidak dehidrasi dibutuhkan cairan yang cukup. Selain minum air putih, memakan buah yang kaya kandungan air juga dibutuhkan misalnya semangka. Selain itu buah ini juga bisa mengurangi kram otot yang sering terjadi di trimester terakhir.

Itulah beberapa contoh makanan yang baik untuk ibu hamil. Jagalah kesehatan dan kebersihan selama kehamilan dan selalu cek setiap bulan untuk mengetahui perkembangan janin. Selamat mencoba.