kalender kesuburan
kalender kesuburan

Sebagai seorang istri Anda harus tahu tanggal persalinan supaya bisa memudahkan dalam merencanakan berbagai persiapan untuk menyambut buah hati. Tidak hanya memperoleh perkiraan tanggal lahir dari dokter kandungan, Anda bisa memprediksinya sendiri dengan kalender kesuburan. Umumnya perempuan hamil dengan rentan waktu 37 hingga 42 minggu atau 280 hari yang dihitung dari hari pertama menstruasi berakhir.

HPHT (hari terakhir haid terakhir) tersebut menjadi hari pertama siklus menstruasi. Nah, pembuahan (ovulasi) terjadi sekitar dua minggu sesudah masa ini. Apabila periode ini sperma sel telur sampai terjadi pembuahan, proses itulah kehamilan dimulai. Perhitungan usia kehamilan ditentukan dari hitungan minggu yang menyertakan dua minggu setelah HPHT.

kalender kesuburan
                                                            kalender kesuburan

Janin Anda berusia empat minggu, kehamilan Anda dihitung enam minggu. Ada cara yang bisa digunakan untuk mengetahui kapan bersalin, Anda bisa bisa memanfaatkan kalkulator kehamilan menggunakan rumus Parikh. Rumus parikh ini bisa Anda gunakan selama siklus menstruasi 28 hari. Lantas, bagaimana dengan siklus mens yang kurang atau malah lebih dari 28 hari?! Sederhana, Anda bisa mengetahuinya dengan rumus ini.

Cara hitungannya dilakukan berdasarkan menghitung ketika terjadi ovulasi, yaitu rentan siklus mens dikurangi 14 hari. Sebagai contoh, HPHT pada tanggal 1 Januari 2019. Apabila siklus mens selama 28 hari, maka sesudah dihitung menggunakan rumus, HPL menjadi 8 Oktober 2019. Namun, apabila siklus menstruasi ternyata selama 35 hari, maka menggunakan rumus Parikh.

Hasil yang didapat adalah tanggal persalinan menjadi HPHT + 9 bulan + (32 hingga 21) hari = 15 Oktober 2019. Rumus kedua yang digunakan setelah menerapkan kalender kesuburan adalah rumus naegele. Rumus ini akan menghitung berdasarkan hari pertama terakhir (HPHT), dengan penjelasan seperti berikut:

Rumus ini Anda gunakan kalau HPHT ada pada bulan Januari hingga Maret. Sebagai contoh, 21 Januari 2019, maka perkiraan persalinan adalah, tahun tetap 2019. Bulan 1 + 9 = 10, hari 21 + 7 = 28. Perkiraan buah hati akan lahir pada tanggal 28 Oktober 2019.

Sederhana, kan? Silakan Anda mencobanya sendiri dengan mengingat-ingat kapan siklus menstruasi terakhir menggunakan femometer untuk mengetahui kondisi tubuh.