perkembangan janin

Perkembangan Janin Minggu Ke 7, 8 dan 9

Masa kehamilan merupakan masa yang sangat ditunggu-tunggu oleh bunda. Ini merupakan saat dimana keluarga mendapatkan sesuatu yang sangat menyenangkan. Menjaga janin untuk tetap sehat merupakan tugas yang selalu dilakukan oleh bunda pada fase ini. Untuk Ibu yang ingin mengecek janinnya maka bisa melihat di bidansela.com, bagi para calon ibu juga bisa mengecek masa suburnya disana.

Nah pada masa kehamilan ini tentunya perkembangan janin dari minggu ke minggu pastinya juga berubah. Maka dari itu dalam hal ini pastinya ibu harus tau apa saja yang harus dilakukan dalam setiap minggunya. Nah kali ini kami akan berbagi kepada Anda mengenai perkembangan kehamilan ketika janin berusia minggu ke 7, 8 dan 9. Yuk kita lihat disini:

perkembangan janin
                                                      perkembangan janin

Kehamilan minggu ke 7

Pada masa ini ukuran embrio yaitu memiliki ukuran sekitar 19 mm. masa ini merupakan pembentukan paru-paru baru akan dibentuk, kemudian jari-jari juga sudah mulai terlihat, dan otot pada sistem saraf juga sudah berfungsi dengan cukup baik. Maka dari itu pada masa tersebut, embrio sudah mulai bisa menunjukkan refleksnya kepada ibunya.

Kehamilan minggu ke 8

Pada minggu yang ke-8, embrio juga sudah bisa disebut janin karena pada fase ini sudah mempunyai dan bentuk wajah seperti manusia. Sudah memiliki kelopak mata dan hidung yang mulai terbentuk pada minggu ini. Kemudian plasenta juga berkembang pada minggu ini, janin dikelilingi oleh air ketuban yang terbentuk dari pembuluh darah ibu.

Air ketuban ini memiliki fungsi berguna untuk menjaga suhu janin supaya tetap normal, sehingga ini bisa membantu janin untuk bergerak, serta juga membantu dalam perkembangan jantung pada janin. Ukuran janin pada minggu ini mencapai 3 cm atau kurang lebih sebesar buah plum.

Kehamilan minggu 9

Muka yang ada pada janin juga semakin jelas terbentuk. Kemudian bagian mata lebih besar dan berwarna, pada saat ini sesuai dengan pigmen yang dimiliki oleh masing-masing janin. Kemudian janin juga sudah bisa membuka mulutnya dan pita suara serta kelenjar air liur juga mulai terbentuk. Janin yang memiliki usia 9 minggu dengan ukuran sebesar jeruk limo atau kurang lebih sekitar 5,5 cm.

Itu dia kondisi janin pada minggu ke 7,8, 9 yang tentunya bisa menjadi acuan untuk ibu merawat janin. Semoga bermanfaat.