jurusan teknik informatika

Fakta-Fakta Seputar Jurusan Teknik Informatika

Teknik Informatika, atau TI, adalah jurusan yang sangat populer saat ini. Bagaimana tidak, lulusan-lulusan TI banyak sekali dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan. Jurusan teknik informatika, juga semakin mudah ditemukan. Pasalnya, ada banyak sekali institusi-institusi pendidikan yang sudah menghadirkan fakultas ini.

Nah, di sini, kami akan menjelaskan fakta-fakta seputar jurusan tersebut. Bagi Anda yang ingin melanjutkan pendidikan di bidang ini, informasi yang dibagikan di sini akan membantu Anda untuk mengenalinya.

Bekal yang Harus Disiapkan Sebelum Memilih Jurusan

jurusan teknik informatika
jurusan teknik informatika

Memilih jurusan yang satu ini ternyata tidak memerlukan bekal keterampilan khusus. Namun sayangnya, masih banyak orang, khususnya siswa-siswa yang ingin memilih TI, mengira bahwa dirinya tidak akan sanggup untuk memilih fakultas tersebut. Bahkan, banyak juga yang mengira bahwa jurusan ini hanya untuk yang pernah belajar pemrograman di SMA.

Padahal, bekal utama untuk memilih fakultas ini hanya kemampuan logika/bernalar dan juga kemampuan berhitung. Kedua kemampuan ini sangat dibutuhkan sekali bagi yang ingin menggeluti bidang tersebut.

Selama seseorang, atau siswa memiliki kemampuan berhitung dan bernalar, maka bisa memilih fakultas ini. Baik itu lulusan SMA, maupun SMK. Anda bisa langsung saja meneruskan kuliah dengan memilih fakultas ini. Bahkan, lulusan Madrasah Aliyah, atau MA juga bisa memilihnya, lho.

Hal-Hal yang Dipelajari di Fakultas TI

Sebagian besar pelajaran-pelajaran yang akan dipelajari pada fakultas ini adalah tentang dunia komputer, dan pemrograman. Sementara berhitung adalah hal yang paling mendasar bagi siapa saja yang ingin mempelajarinya.

Adapun pelajaran-pelajaran yang akan dipelajari pada jurusan ini di antaranya seperti:

  • Matematika
  • Algoritma dan bahasa pemrograman
  • Pemrograman Java
  • Pemrograman Web
  • Jaringan komputer
  • Logika informatika

Secara garis besar, semua pelajaran-pelajaran di atas akan dipelajari di fakultas tersebut. Jadi, persiapkanlah diri Anda sejak dini jika berencana untuk memilih TI sebagai jurusan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Prospek Pekerjaan di Bidang TI

TI adalah salah satu jurusan dengan tingkat prospek pekerjaan yang bagus. Anda bisa memilihnya sebagai salah satu jurusan terbaik, terutama bagi yang tidak ingin bingung mendapatkan pekerjaan setelah lulus nanti. Adapun prospek pekerjaan di bidang ini yaitu seperti:

  • Bekerja sebagai pengembang software
  • Bekerja sebagai pengembang website
  • Bekerja sebagai pengembang game

Pekerjaan-pekerjaan di atas, merupakan beberapa bidang yang bisa Anda pilih untuk dijadikan sebagai profesi. Ketiga bidang tersebut tergolong sangat dicari. Pasalnya, masih sedikit sekali orang-orang yang memiliki keahlian-keahlian di atas.

Kuliah Jurusan TI di IDS

Untuk Anda yang berencana menggeluti dan mendalami bidang teknologi informatika, IDS Digital College bisa menjadi salah satu pilihan tepat. Institusi pendidikan ini adalah salah satu institusi dengan jurusan TI terbaik di Indonesia.

Di IDS, Anda akan belajar dari tenaga pengajar yang profesional. Selain itu, ada banyak sekali mata pelajaran yang bisa Anda dapatkan. Institusi pendidikan ini juga memiliki kredibilitas yang baik dan salah satu institusi pendidikan ternama di Indonesia.

IDS adalah tempat yang tepat untuk Anda yang ingin mendapatkan gelar Strata 1 atau S1. IDS juga merupakan institusi pendidikan ternama yang dapat membantu siapa saja siap untuk menghadapi tantangan karier.

Kesimpulan

Fakta-fakta di atas bisa Anda jadikan sebagai referensi dan rekomendasi bagi yang ingin menggeluti bidang TI. Dengan mengetahui fakta-fakta tersebut, sedikit banyaknya wawasan Anda kini mulai terbuka sebelum memilihnya.

Nah, itulah berbagai fakta-fakta menarik seputar jurusan teknik informatika. Bagaimana, tertarik untuk menggeluti bidang TI? Kini, IDS Digital Education sedang membuka pendaftaran untuk siswa baru. Cek informasi di ids.ac.id.