makanan bernutrisi

8 Jenis Makanan Bernutrisi Tinggi dan Lezat Dikonsumsi

Demi menjaga daya tahan tubuh tetap bugar dan sehat tentunya dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan nutrisi tinggi. Pilihan untuk makanan ini sangat beragam dari mulai daging, sayuran, dan buah-buahan dapat dipilih sesuai dengan selera. Walaupun begitu anda juga harus tahu makanan apa saja yang memang baik untuk tubuh karena nutrisinya yang tinggi.

Terlebih lagi dapat mengkonsumsi makanan bernutrisi yang lezat dikonsumsi, tentunya bisa membuat nafsu makan yang meningkat bagi mereka yang sukar sekali makan. Dari berbagai pilihan makanan bernutrisi yang lezat dikonsumsi berikut diantaranya.

makanan bernutrisi
makanan bernutrisi
  1. Buah blueberry. Buah dengan warna khas ini menjadi salah satu makanan bernutrisi yang kaya akan kandungan antioksidan. Mengkonsumsinya secara rutin bisa menjaga kesehatan tubuh dan melindungi otak, bahkan dari sejumlah penelitian konsumsi blueberry juga bisa meningkatkan daya ingat bagi mereka yang sudah lanjut usia. Menjadikannya sebagai makanan lezat dapat dikonsumsi secara langsung atau bisa juga diolah seperti menjadi selai.
  2. Ikan sarden. Kelompok ikan kecil ini memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan pastinya lezat dikonsumsi. Bahkan jenis makanan yang sering dijadikan sebagai makanan kaleng ini sudah teruji sebagai makanan dengan nutrisi yang hampir sempurna, seperti dengan kandungan asam lemak omega-3 nya yang tinggi. Untuk bisa menjadikannya sebagai makanan lezat, anda bisa mengolahnya menjadi berbagai jenis masakan laut yang disuka.
  3. Hati sapi atau ayam. Dua jenis makanan ini memiliki nutrisi penting yang banyak direkomendasikan oleh lembaga gizi. Bahkan makanan ini bisa menjadi solusi sebagai pengganti suplemen. Kandungan nutrisi yang dikandung sangat lengkap seperti zat besi, asam folat, vitamin B12, A, dan tembaga. Untuk mengolahnya juga mudah dijadikan berbagai makanan yang lezat, akan tetapi walaupun begitu dalam konsumsinya sebaiknya dibatasi sesuai dengan yang disarankan yaitu sebanyak dua kali seminggu.
  4. Ikan salmon. Ikan salmon sudah terkenal sebagai makanan bernutrisi tinggi yang menyehatkan. Salah satunya karena kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan salmon yang sangat tinggi. Bahkan sangat dianjurkan mengkonsumsi ikan salmon minimal 1-2 kali setiap pekannya. Selain itu berbagai nutrisi lainnya dalam 100 gram ikan salmon mengandung berbagai nutrisi seperti selenium, magnesium, potasium, dan juga vitamin B. 
  5. Rumput laut. Makanan yang satu ini banyak dikonsumsi dengan menjadikannya sebagai agar-agar atau bisa juga diolah menjadi jenis makanan lainnya. Untuk kandungannya sendiri rumput laut kaya akan zat besi, magnesium, mangan, dan kalsium. Dengan berbagai nutrisinya banyak yang merekomendasikan rumput laut untuk dikonsumsi secara rutin karena sangat penting juga untuk kesehatan.
  6. Yoghurt. Produk makanan yang merupakan turunan dari susu ini merupakan makanan dengan nutrisi yang tinggi, bahkan bila dikonsumsi dengan tepat manfaatnya sangat baik untuk kesehatan seperti mengatasi masalah pencernaan. Selain itu masalah kesehatan lainnya  seperti kolesterol, jantung, dan kegendutan juga disarankan rajin mengkonsumsi yogurt. 
  7. Oatmeal. Jenis makanan yang satu ini sangat sering dijadikan sebagai menu sarapan. Kandungan seratnya yang tinggi sangat baik dijadikan sebagai menu sarapan karena bisa membuat rasa kenyang yang lebih lama. Untuk mengkonsumsinya sendiri bisa dicampur dengan makanan lainnya seperti susu, cookies, granola bar, dan yang lainnya.
  8. Kacang-kacangan. Berbagai jenis makanan kacang-kacangan sangat baik untuk tubuh karena mengandung nutrisi yang lengkap seperti serat dan juga berfungsi sebagai antioksidan guna menangkal radikal bebas. Nutrisi yang terkandung dalam kacangan-kacangan seperti magnesium dan lemak tak jenuh juga baik dikonsumsi bagi mereka yang ingin terhindar dari penyakit diabetes dan jantung.