bayar tagihan PDAM online

Pentingnya Bayar Tagihan PDAM Online Tepat Waktu

PDAM atau Perusahaan Daerah Air Minum merupakan unit usaha milik daerah yang berperan dalam pendistribusian air bersih. Sama halnya seperti listrik dari PLN, Anda juga bisa menggunakan air dari PDAM kemudian melakukan pembayaran setelahnya. Pembayaran tagihan PDAM dilakukan setiap bulan oleh penggunanya. Anda bisa memilih bayar tagihan PDAM online maupun offline. Anda tidak boleh telat membayar tagihan PDAM karena ada konsekuensi yang bisa didapatkan.

Pentingnya Bayar Tagihan PDAM Tepat Waktu

Membayar tagihan PDAM tepat waktu sangat penting agar Anda tidak terkena sanksi maupun denda. Berikut ini adalah berbagai kerugian yang bisa Anda dapatkan apabila telat membayar tagihan PDAM:

bayar tagihan PDAM online
bayar tagihan PDAM online
  1. Denda dengan jumlah yang meningkat

PDAM menetapkan sistem bayar bulan berjalan yang artinya jika Anda terlambat satu bulan namun hanya membayar satu tagihan di bulan selanjutnya maka tagihan yang lalu dianggap sebagai tunggakan.  Di samping tunggakan tersebut, Anda juga dikenakan denda yang akan ditambahkan ke tagihan apabila belum juga dibayarkan. Bahkan kebijakan nilai denda juga meningkat jika tidak segera Anda bayar.

  1. Tagihan yang semakin membengkak

Denda yang diberikan karena telat bayar tagihan PDAM memang terasa tidak terlalu besar di awal. Namun jika dibiarkan terus maka denda akan semakin banyak. Belum lagi tagihan air Anda juga menumpuk sehingga lama kelamaan terasa berat. Hal tersebut tentu saja akan menjadi beban tambahan pada budget bulanan. Apabila memiliki denda, sebaiknya segera bayar lunas agar tidak menumpuk semakin banyak.

  1. Distribusi air dihentikan

Kerugian yang akan paling terasa jika selalu telat bayar tagihan PDAM adalah distribusi air yang dihentikan. Pasalnya air merupakan salah satu sumber kebutuhan pokok manusia yang tidak bisa digantikan. Jika air dihentikan maka Anda tidak bisa melakukan banyak hal. Batas maksimal pengenaan denda adalah selama 3 bulan. Setelah waktu tersebut, air di rumah Anda akan dihentikan.

Cara Bayar Tagihan PDAM Tepat Waktu

Tagihan PDAM adalah tagihan rutin yang harus Anda bayarkan setiap bulan. Jadi sebaiknya selalu atur jadwal pembayaran agar tidak lupa. Jika perlu, Anda bisa mengatur pengingat di ponsel ketika masuk tanggal pembayaran. Langsung bayar tagihan PDAM online apabila sudah masuk tanggalnya. Pembayaran online menguntungkan karena bisa dilakukan melalui mobile banking sehingga Anda bisa langsung membayar saat itu juga. 

Bank Sinarmas menghadirkan layanan biller untuk 80 perusahaan air minum PDAM dan PAM. Pembayaran bisa Anda lakukan sebelum tanggal 20 setiap bulan agar tidak terkena sanksi dan denda. Berikut ini adalah cara melakukan pembayaran online melalui Bank Sinarmas:

  1. Masuk ke aplikasi SimobiPlus di smartphone Anda
  2. Pilih menu “Pay” yang ada di halaman awal
  3. Selanjutnya pilih menu “Water” untuk pembayaran air
  4. Isi semua field yang diminta yaitu Biller Name, Consumer Number, dan Area Code.
  5. Pastikan bahwa data yang Anda isikan sudah benar
  6. Klik tombol “Next” atau “ Berikutnya”
  7. Masukkan EasyPin Anda
  8. Transaksi berhasil maka pembayaran selesai.

Itulah berbagai alasan mengapa Anda harus membayar tagihan PDAM tepat waktu. Adanya fasilitas online dari Bank Sinarmas juga bisa membantu Anda tepat waktu dalam melakukan pembayaran. Setiap transaksi pembayaran tagihan PDAM melalui Bank Sinarmas dikenakan biaya sebesar Rp. 2.500. Biaya tersebut jauh lebih rendah dibandingkan Anda harus kerepotan mencari air karena distribusi yang dihentikan akibat telat bayar tagihan PDAM online. Selain tagihan PDAM, Bank Sinarmas juga menghadirkan layanan biller untuk tagihan lainnya. Langsung unduh dan pasang SImobiPlus untuk mendapatkan berbagai macam kemudahan pembayaran.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *