pencernaan sehat dukung perkembangan anak

Otak dan Pencernaan Sehat Dukung Perkembangan Anak

Gut-Barin Axis/Gut-Brain Connection sebagai jalan komunikasi dua arah antara otak (pusat emosi dan kognitif) dan sistem pencernaan (fungsi usus) dipengaruhi mikroba baik. Pencernaan sehat dukung perkembangan anak dengan diberikan susu pertumbuhan yang dilengkapi serat dan probiotik. Serta vitamin, mineral, minyak ikan atau asam lemak (EPA, ALA, dan DHA) sebagai pendukung imunitas tubuh dan perkembangan otak anak.

Berikut Nutrisi yang Dapat Mendukung Perkembangan Otak Anak Melalui Pencernaan

Kondisi rewel dan kurang tanggap akibat lapar dipengaruhi oleh neuron yang jumlahnya lebih dari 100 juta atau saraf yang membuat rasa kenyang serta memengaruhi mood. Dalam saluran pencernaan terdapat 95 % produksi hormon serotonin sebagai pemberi rasa nyaman dan senang. Nutrisi yang mendukung perkembangan otak anak lewat saluran cerna sebagai berikut : 

pencernaan sehat dukung perkembangan anak
pencernaan sehat dukung perkembangan anak
  1. Tidak Lupa Lengkapi Makanan Tinggi Serat

Makanan yang mengandung serat dapat ditemui pada buah-buahan, biji-bijian, dan sayuran. Merasa kenyang dan pencernaan sehat jika konsumsi makanan berserat. Bukan hanya sumber nutrisi, namun makanan tinggi serat akan membantu meminimalisir risiko penyakit kanker, jantung, dan obesitas. 

Pencernaan sehat dukung perkembangan anak sebab komunikasi antara perut dan otak terjalin baik sehingga membuat anak hebat punya tanggap lengkap. Kemapuan cepat tanggap, rasa peduli, dan tanggap bersosialisasi karena hormon serotonin. Hormon ini sebagai neuotransmitter utama yang dihasilkan saluran cerna membuat otak mengatur ingatan, tidur, selera makan, dan mood

  1. Lemak Baik Tidak Ketinggalan

Lemak baik yang sangat dibutuhkan untuk nutrisi perkembangan otak dan tubuh adalah Omega 3 dan Omega 6 sebagai asam lemak esensial. Otak anak memerlukan Omega 3 dan 6 dalam perkembangan otak dan membran sel. Makanan yang mengandung Omega 3 dan 6 adalah ikan serta makanan laut lainnya yang dipilih dalam keadaan segar dan diolah baik. 

  1. Konsumsi Gula Dikurangi

Perlu diperhatikan jenis kudapan atau camilan untuk anak terutama yang mengandung pemanis buatan untuk tidak dikonsumsi berlebih. Memilih sumber karbohidrat baik dari sayur dan buah yang kaya serat, juga mempunyai kandungan gula alami baik untuk kesehatan. Pengaturan konsumsi gula akan lebih baik agar terhindar dari gangguan imunitas dan inflamasi (peradangan). 

Sistem pencernaan terindikasi ada gangguan, maka sinyal akan kirim ke otak. Apabila fungsi otak mengalami masalah, maka kinerja sistem pencernaan akan ikut terganggu. Jika, hal itu terjadi maka pencernaan sehat dukung perkembangan anak menjadi tidak berjalan dengan maksimal. Oleh karena itu, nutrisi makanan harus dijaga dengan baik. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *