Kandungan zat besi pada bayam

Manfaat Kandungan Zat Besi Pada Bayam

Bayam merupakan salah satu bahan makanan yang bisa dijadikan sebagai MPASI atau makanan pendamping ASI untuk bayi usia 6 bulan ke atas. Sayuran berwarna hijau ini direkomendasikan karena memiliki kandungan zat gizi yang tinggi. Banyak manfaat kandungan zat besi pada bayam, di antaranya yaitu:

Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Tidur merupakan salah satu waktu berkualitas yang harus dioptimalkan oleh si Kecil. Pasalnya pada waktu bayi tidur ada hormon pertumbuhan yang bekerja. Salah satu nutrisi yang membuat tidur si Kecil lebih nyenyak adalah zat besi. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu ragu menghadirkan bayam dalam MPASI si Kecil. Anda bisa mengkombinasikan dengan bahan makanan lain atau hanya bayam saja.

Mencegah Stunting

Manfaat kandungan zat besi pada bayam selanjutnya yaitu mencegah stunting. Stunting sendiri adalah pertumbuhan linier anak yang terganggu sehingga tidak seperti teman seusianya. Kebanyakan stunting disebabkan oleh malnutrisi asupan gizi yang kronis, termasuk kekurangan zat besi. Jadi Anda bisa mengandalkan bayam untuk mencukupi kebutuhan zat besi si Kecil.

Kandungan zat besi pada bayam

Menguatkan Sistem Imun

Bayi lebih membutuhkan sistem imun yang baik dibandingkan orang dewasa karena mereka lebih rentan terkena penyakit. Zat besi merupakan salah satu nutrisi yang mampu membantu menguatkan sistem imun si Kecil. Pasalnya zat besi adalah komponen yang membantu menyusun enzim-enzim di tubuh.

Cukup Darah

Mungkin Anda sudah sangat sering mendengar bahwa bayi yang kekurangan zat besi bisa menderita anemia. Zat besi memiliki fungsi penting karena berperan dalam membawa serta menyalurkan oksigen antar sel. Bayi yang kekurangan darah bisa tampak pusat, mudah kelelahan, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa manfaat kandungan zat besi pada bayam yang perlu Anda ketahui. Selain mengolah bayam menjadi puree, si Kecil juga bisa mendapatkan manfaat bayam melalui Nestle CERELAC Bubur Sereal Susu rasa wortel, bayam, dan labu. Tenang saja, MPASI satu ini baik dikonsumsi oleh anak berusia 6 bulan karena terbuat dari bahan alami yang dikeringkan. Selain zat besi, beberapa kandungan penting lainnya juga termasuk omega 3 dan omega 6.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *