ban dunlop

Tips Memilih Ban Dunlop Sesuai dengan Merk dan Tipe Mobil

Bingung mencari ban yang sesuai dengan kebutuhan dan merk mobil Anda? Kini Anda bisa mendapatkannya hanya di dunlop yang merupakan salah satu brand yang sudah memiliki nama besar. Di sini ada banyak sekali pilihan tipe yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
Bagaimana cara mendapatkan ban dunlop yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Berikut sudah kami rangkum tipsnya di sini:

1. Pilih Ukuran yang Tepat

Ukuran menjadi salah satu aspek penting yang harus diperhatikan. Kenapa demikian? Karena ukuran menjadi faktor penting yang bisa memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan juga aman.

Di lain sisi lain, setiap mobil memiliki ukuran ban yang berbeda-beda tergantung dari tipenya. Maka dari itu, Anda harus memperhatikan aspek ukurannya terlebih dahulu sebelum menggantinya.

2. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Pastikan Anda memilih jenis ban yang sesuai dengan kebutuhan. Contohnya, untuk Anda yang suka traveling atau perjalanan jauh, lalu jalanan yang Anda lalui melewati jalan berlumpur atau bebatuan, alangkah baiknya memilih jenis ban yang cocok untuk offroad saja.
Dengan melakukan penyesuaian ini, maka tentunya Anda akan bisa menjadi lebih nyaman saat melakukan perjalanan melewati jalanan-jalanan yang medannya berat, maupun ringan tergantung dari yang sering Anda lalui.

3. Pilih Sesuai Tipe Mobil

Selanjutnya, Anda juga harus memperhatikan jenis ban yang sesuai dengan tipe mobil yang Anda miliki. Karena setiap kendaraan atau mobil memiliki tipe dan ukuran bawaan yang berbeda-beda sesuai dengan pabrikan.
Anda bisa membaca buku panduan mobil untuk mengetahui ban yang direkomendasikan oleh pabrikan. Dengan begitu, kenyamanan dan keamanan saat berkendara menjadi lebih optimal.

4. Pilih Alur Motif yang Cocok

DUNLOP merupakan merek ban yang menyediakan berbagai macam jenis alur atau motif yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan juga keinginan. Alur ban ini memiliki peran yang sangat penting yaitu untuk memperbesar gesekan ban dengan jalan.
Contohnya seperti pola V yang sangat cocok untuk pengendara yang berada di kawasan yang sering hujan. Pola V memiliki tingkat gesekan yang tinggi sehingga cocok dengan kawasan yang memiliki curah hujan tinggi.

5. Pilih Ban dengan Ketebalan yang Sesuai

Ketebalan cenderung berbeda. Anda bisa cek ketebalannya terlebih dahulu agr disesuaikan kebutuhan berkendara, dan tipe mobil Anda. Pada umumnya, ketebalan ban yang ideal yaitu 50.
Merk ban yang satu ini juga menyediakan informasi yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui ukuran hingga ketebalannya.

Kapan Ban Mobil Harus Diganti?

Informasi yang tak kalah penting dan harus perhatikan adalah mengetahui kapan ban mobil Anda harus diganti. Berikut adalah tanda-tanda ban mobil harus segera diganti.

  • Ban mobil sudah berusia 3 tahun. Ban yang sudah berumur tersebut harus segera diganti karena kualitasnya sudah menurun.
  • Ban sudah digunakan dalam jarak tempuh 40.000 km. Meskipun belum berusia 3 tahun, namun jika sudah digunakan 40.000 km, maka harus diganti.
  • Ban sudah mengalami kebotakan di bagian tengah. Kondisi ini tidak boleh dibiarkan karena berkaitan dengan keamanan pengguna.
  • Ban gundul di bagian tepi atau di bagian sisi-sisi tertentu.
  • Terdapat benjolan pada ban yang diakibatkan oleh banyak faktor. Kondisi ini juga rawan terhadap isu keamanan pengguna.

Demikian informasi seputar tips memilih ban DUNLOP yang sesuai dengan standar pabrikan mobil Anda. Kini Anda bisa langsung mengunjungi situs resminya untuk menemukan ban yang tepat dan ideal sesuai dengan kebutuhan mobil Anda.

I