program ekstensi d3 ke s1

Program Ekstensi D3 Ke S1 dari IDS Digital College

Seiring berkembangnya zaman yang semakin maju, setiap orang dituntut untuk berkembang pula, termasuk dari segi skill. Hal tersebut lantaran semakin hari persaingan di dunia kerja semakin sulit. Tidak hanya dengan tenaga dalam negeri saja, namun Anda juga akan bersaing dengan tenaga kerja dari luar negeri. Apalagi jika Anda berada di bidang teknologi dan ilmu komputer, mengembangkan skill merupakan hal yang sangat wajib dilakukan. Pasalnya perkembangan di dunia teknologi dan ilmu komputer berjalan sangat cepat sekali.

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengembangkan skill adalah dengan melanjutkan pendidikan. Apabila Anda adalah lulusan D3 maka Anda harus melanjutkan pendidikan S1 terlebih dahulu sehingga kemudian bisa mendaftar di S2. Program ekstensi D3 ke S1 di bidang ilmu komputer disediakan oleh IDS Digital College untuk Anda yang ingin melanjutkan pendidikan. Berikut ini adalah serba-serbi dari program ekstensi ini:

program ekstensi d3 ke s1
program ekstensi d3 ke s1

Mengenal Ekstensi D3 Ke S1

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ekstensi merupakan lanjutan dimana bisa diambil oleh Anda yang memiliki gelar Ahli Madya. Mereka yang akan mengambil program ini bisa mendapatkan gelar Sarjana setelah menempuh pendidikan. Dibandingkan mengambil kuliah S1 dari awal, memilih program ekstensi lebih menguntungkan karena masa studi yang lebih singkat. 

Tidak hanya jurusan yang linier saja, beberapa perguruan tinggi juga menerima mahasiswa dengan jurusan yang tidak linier. Namun biasanya waktu tempuh pendidikan lebih lama karena SKS yang harus diambil lebih banyak.

Program Studi yang Disediakan

IDS Digital College juga disebut dengan STMIK (Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer) Indo Daya Suvana sehingga program studi yang tersedia berkaitan dengan ilmu komputer. Ada 2 program studi ilmu komputer yang bisa dipilih yaitu cyber security dan software engineering. Cyber security mempelajari tentang keamanan dan pengamanan dunia maya. Sedangkan software engineering mempelajari tentang membangun perangkat lunak dari tahap awal.

Masa Studi

Masa studi yang harus Anda tempuh untuk bisa mendapatkan gelar sarjana yaitu selama 4 semester atau 2 tahun. Waktu tersebut terbilang singkat dibandingkan Anda harus mengulang dari awal dan membutuhkan 4 tahun untuk mendapatkan gelar Sarjana. Dengan masa studi 2 tahun ini maka total Anda akan mendapatkan gelar Sarjana dalam waktu 5 tahun dimana program D3 pada umumnya selesai dalam waktu 3 tahun.

Kurikulum

Kurikulum yang digunakan menjadi salah satu keunggulan dari kampus ini. Pasalnya, kurikulum yang digunakan berstandar internasional. Tujuannya yaitu untuk mempersiapkan ahli komputer yang tidak hanya mampu bersaing di kancah nasional namun juga secara internasional. Jadi Anda bisa merasakan kuliah dengan sistem pembelajaran seperti kampus luar negeri.

Jumlah SKS yang Harus Ditempuh

Jumlah SKS yang ditempuh mahasiswa S1 reguler yaitu sebanyak 144 SKS, namun untuk program ekstensi D3 ke S1 hanya sebanyak 70-106 SKS. Jumlah SKS ini disesuaikan dengan program diploma yang Anda ambil. Jika tidak jauh berbeda dengan program ekstensi yang diambil maka jumlah SKS bisa sedikit, begitu pula sebaliknya. Jika jurusan D3 sama dengan jurusan ekstensi maka Anda hanya perlu mengambil 58-70 SKS saja.

Bimbingan Karir

Jika kuliah di kampus ini, Anda bisa mendapatkan bimbingan karir selama kurang lebih 2 tahun. Hal ini sangat berguna terutama bagi Anda yang belum memiliki banyak pengalaman di bidang ilmu komputer. Ada banyak perusahaan IT dan startup yang bekerja sama untuk mengembangkan karir mahasiswa.

Itulah beberapa hal mengenai program ekstensi D3 ke S1 dari IDS Digital College. Sistem pembelajaran yang digunakan berbasis real world assignment, dimana setiap tugas yang diberikan mendekati dunia kerja secara riil. Informasi pendaftaran ataupun kelas yang tersedia bisa dilihat di website www.ids.ac.id.