Tips Membedakan Perhiasan Berlian Asli dengan yang Palsu

Hasil gambar untuk site:https://www.mondialjeweler.com/

Perhiasan erat kaitannya dengan wanita, itu sudah pasti. Beberapa jenis perhiasan pun selalu diburu wanita untuk menyempurnakan penampilannya. Mulai dari perhiasan emas, intan, dan berlian, ketiganya sangat difavoritkan bagi semua wanita. Dari ketiga perhiasan tersebut, mungkin yang paling mewah adalah berlian. Tidak heran,jika perhiasan berlian asli selalu menjadi buruan wanita kelas menengah ke atas.

Meskipun perhiasan ini sifatnya megah, mewah, dan mahal, tetap saja selalu ada oknum penjual perhiasan berlian yang nakal. Berkedok berlian asli dan cara penawarannya begitu menarik, tak jarang konsumen selalu saja tertipu.

Gambar terkait

Dengan hal tersebut, kali ini kami akan berikan tips membedakan perhiasan berlian asli dengan yang palsu. Berikut ini ulasan lengkapnya:

1. Cek Berlian dengan Loupe

Alat ini mudah ditemukan di pasaran. Loupe merupakan kaca pembesar dengan tingkat ketajaman pandang yang begitu mendalam. Dengan alat ini, Anda bisa mengamati berlian tersebut asli atau palsu.

Jika ternyata Anda melihat berlian tersebut pada ujungnya berbentuk agak bulat, dapat dipastikan berliannya palsu. Karena, berlian asli memiliki ujung yang cukup tajam.

2. Gosok dengan Amplas Kasar

Cek fisik pada berlian sangat penting untuk mengetahui keasliannya. Salah satu cara membedakan berlian asli dengan yang palsu, yaitu dengan menggosoknya menggunakan amplas kasar.

Ternyata berlian kelihatan ada bekas goresan dari amplas, itu artinya berlian tersebut palsu. Karena berlian yang asli, meskipun digosok dengan amplas berulang kali, tetap saja akan utuh dan tidak terpengaruh sama sekali.

3. Uji Fog Test

Mungkin cara membedakan berlian asli dengan yang palsu ini tidak memerlukan peralatan khusus, karena uji tes ini hanya mengandalkan embun atau uap dari mulut saja. Hembuskan nafas Anda pada berlian tersebut, jika embun atau uap yang menempel pada berlian hilang dengan cepat, maka itu artinya berlian Anda asli. Berbeda dengan berlian palsu, embun atau uap yang menempel akan tetap bertahan hingga beberapa detik lamanya.

Itulah beberapa tips membedakan perhiasan berlian asli dengan yang palsu.

Semoga bermanfaat!