susu anak 3 tahun

Perlukah Anak 3 Tahun Mengonsumsi Susu Anak 3 Tahun?

Setelah dilahirkan, bayi akan bergantung pada ASI sebagai sumber nutrisinya, namun saat anak telah berulang tahun yang 3 tahun, apakah perlu diberikan susu anak 3 tahun? Masih perlukah mengonsumsi susu setiap hari?

Dokter RS Ciptomangunkusumo, yakni dr.Badriul Hegar menjelaskan, “Saat anak berusia tiga tahun, susu bukanlah makanan utama untuk memenuhi nutrisi, namun susu berperan sebagai pendamping. Pemberiannya sangat tergantung dari orangtua”.

Anak 3 tahun keatas tetap membutuhkan asupan dari makanan padat. Bunda harus tetap menyediakan makanan padat yang kaya nutrisi. Jadwalkan pemberian makanan padat 3 kali sehari diikuti camilan dua kali. Bisa ditambahkan susu anak 3 tahun jika Bunda merasa kebutuhan nutrisi anak masih kurang.

susu anak 3 tahun

Memilih susu anak 3 tahun tentu tak boleh sembarangan. Bunda harus cermat dan teliti. Pastikan susu anak memiliki kandungan gizi yang lengkap untuk mendukung tumbuh kembangnya. Bunda bisa mencoba memberikan susu Dancow 3+ Nutritods yang memang diformulasikan untuk anak usia 3-5 tahun.

Sangat cocok digunakan sebagai pendamping makanan, sebab memiliki formula tinggi laktosa dan 0 sukrosa. Selain itu, Dancow 3+ Nutritods kaya akan kandungan Omega 3 dan 6, minyak ikan, serta tingi vitamin.

Sebenarnya Bunda tak perlu khawatir, asal kulitas dan kuantitas makanan anak telah cukup gizi, maka anak akan mendapatkan nutrisi cukup. Untuk mengeceknya, Bunda bisa melakukan penimbangan badan dan tinggi badan anak sebulan sekali.

Lihatlah apakah tinggi dan berat anak telah sesuai dengan usianya? Hal ini berdasarkan penjelasan dari ahli gizi RS Panti Rapi Yogyakarta M.Dora Tri Yogyantini. 

Dokter Dora menjelaskan, “Anak akan tetap dapat tumbuh optimal saat mendapat nutrisi lengkap. Nutrisi lengkap ini bisa didapat saat Bunda memberikan beragam jenis makanan anak. Pastikan Bunda memberikan sayur dan buah yang cukup”

Dr Dora kembali menjelaskan bahwa telur menjadi menu makanan wajib untuk anak, karena di dalamya terdapat kandungan asam amino yang lengkap dan merupakan protein sempurna yang dapat digunakan untuk membantu tumbuh kembang anak.